Pada windows, proses start up booting dapat diuraikan sebagai berikut :

 MBR (Master Boot Record)
    adalah sebuah program yang sangat kecil yang terdapat pada sector pertama hardisk, MBR meload     suatu program bernama NTLDR ke dalam memori.

 NTLDR kemudian memindahkan komputer ke “flat memory model” (bypassing the 640KB                 memory restrictions placed on PCs) kemudian membaca file BOOT.INI.

 Jika komputer mempunyai beberapa partisi yang bootable, NTLDR akan menggunakan informasi       yang terdapat pada file BOOT.INI untuk menampilkan pilihan boot, apabila hanya terinstall                 windows xp saja maka tampilan menu akan dilewati dan windows akan me-load windows xp.

 Sebelum meload windows xp, NTLDR membuka program lain ke dalam memory yang disebut           NDETEC.COM. File ini melakukan pengecekan semua hardware yang terdapat pada komputer.           Setelah semua hardware ditemukan, NDTECT.COM memberikan kembali informasi tersebut ke         NTLDR.

 NTLDR kemudian berusaha me-load versi Windows XP yang dipilih pada step 3. Hal ini                     dilakukan dengan menemukan file NTOSKRNL pada folder System32 yang terdapat pada                   directory windows xp . NTOSKRNL adalah program utama pada system operasi windows yaitu         sebuah “kernel”

 NTOSKRNL kemudian menangani proses boot selanjutnya. Langkah pertama adalah meload               beberapa “low-level system drivers”. Kemudian NTOSKRNL me-load semua file yang dibutuhkan     untuk membuat “core” sistem operasi windows xp.

 Kemudian, Windows akan memverifikasi apakah terdapat lebih dari satu konfigurasi hardware           profile pada komputer, kalau terdapat lebih dari satu hardware profile windows akan menampilkan     menu pilihan, tetapi apabila hanya terdapat satu profile maka windows akan langsung me-load             default profile.

 Sesudah windows mengenali hardware profile yang digunakan, windows kemudian me-load semua     device driver untuk semua hardware yang terdapat pada komputer, Pada saat ini tampilan monitor       menampilkan “Welcome To Windows XP boot screen”.

 Terakhir windows menjalankan semua service yang dijadwalkan secara otomatis. Pada saat ini             tampilan monitor menampilkan “logon screen”.