Macam - Macam Topologi Jaringan Komputer

  • Topologi ring adalah sebuah metode untuk menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer dalam rangkaian node yang masing - masing node saling terhubung hingga membentuk sebuah cincin. Pada topologi jaringan komputer yang satu ini, masing - masing node berfungsi sebagai penguat sinyal sepanjang sirkulasi


Image result for topologi ring

  • Topologi Bus adalah metode untuk menghubungkan dua atau lebih komputer secara serial, dengan menggunakan kabel utama sebagai pusat lalu - lintas data. Konektor yang digunakan pada topologi bus antara lain konektor BNC dan T konektor dan juga terminator, sementara untuk media transmisi topologi bus menggunakan kabel Coaxial. Bentuk topologi ini mirip dengan ruangan bus untuk itu model topologi ini dinamakan topologi bus.

Image result for topologi bus

  • Topologi Star adalah cara menghubungkan beberapa komputer dengan teknik konvergensi dari node pusat ke setiap komputer dengan menggunakan perangkat yang dinamakan Hub / Switch. Dalam hal ini perangkat Hub / Swicth berfungsi untuk menerima dan meneruskan sinyal - sinyal yang dikirim dari komputer satu ke komputer yang lain.
Image result for topologi star

  • Topologi  mesh adalah sebuah bentuk koneksi antar perangkat dimana masing - masing perangkat terhubung langsung dengan perangkat lain yang berada dalam satu jaringan. Topologi mesh juga dapat sobat sebut dengan nama topologi jala.
Image result for topologi mesh

  • Topologi Tree adalah sebuah topologi jaringan komputer yang merupakan kombinasi dari topologi bus dan topologi star. Dalam menyusunannya topologi ini menggunakan topologi bus sebagai tulang punggung jaringan yang menghubungkan beberapa topologi jaringan star. Topologi jaringan tree juga banyak disebut dengan topologi bertingkat karena pada penggunaanya topologi tree digunakan untuk interkoneksi antar hirarki yaitu hirarki rendah untuk lokasi yang rendah, dan hirarki tinggi untuk lokasi yang tinggi.
Gambar-Topologi-Tree