Harapan kita untuk ibu kota yang indah


Assalamu'alaikum wr.wb

Miris mendengarnya 'Ibu Kota Indonesia Menjadi Ibu Kota dengan Polusi Terburuk no. 1 di Dunia. Dikarenakan banyaknya penduduk di ibu kota, jumlah penduduk di jakarta kurang lebih 10 juta jiwa. Penduduk bertambah kurang lebih 250 jiwa per hari atau 10 jiwa per jam.

Kelebihan jakarta :

  1. Fasilitas yang sudah sama dengan fasilitas luar negeri.
  2. Pembuatan wadah untuk para pedagang kaki lima, kita dapat melihat disepanjang trotoar hampir tidak ada lagi PKL. 
  3. Hiburan yang sudah terkenal sampai ke luar negeri


Kekurangan jakarta :

  1. Macet, dikarenakan mudahnya sistem pengambilan kredit kendaraan bermotor. 
  2. Banyaknya sampah disungai-sungai
  3. Sering terjadi banjir, dikarenakan banyaknya limbah pabrik juga banyaknya sampah masyarakat.



 Sehubung dengan rumor akan dipindahkannya ibu kota jakarta ke kalimantan, jika benar saya berharap untuk ibu kota yang lebih baik. Tak peduli kemana akan pindahnya ibu kota Indonesia nantinya.



Harapan saya untuk ibu kota baru di Kalimantan :

  1. Menjadi ibu kota tentunya akan menjadikan kota tersebut menjadi kota yang sangat sibuk. Harapannya meski akan padat penduduk dapat menghapus kata macet yang menjadi penyakit setiap ibu kota.  
  2. Menjadi ibu kota tak menutup kemungkinan pemerintahan setempat akan membuat sarana dan prasarana baik perbaikan jalan atau proyek-proyek besar. Harapannya meskipun dibuat beberapa gedung pencakar langit pemerintah tidak melupakan pelestarian alam seperti adanya pohon-pohon berukuran sedang dikeramaian kota  yang akan mengurangi polusi udara buruk yang sedang ramai dibicarakan mengenai Ibu kota Indonesia yang menjadi ibu kota dengan polusi terburuk no. 1 di dunia.
  3. Menjadi ibu kota akan menarik masyarakat dari berbagai pelosok berburu mencari pekerjaan di ibu  kota. Tak luput masyarakat yang peduli lingkungan dan yang tidak peduli lingkungan terutama masalah sampah. Harapannya pemerintah dapat mengganti penggunaan plastik dengan bahan ramah lingkungan, sehingga dapat menurunkan penggunaan plastik yang menyebabkan penumpukan sampah berbahaya yang sulit dimusnahkan.
  4. Menjadi ibu kota yang dapat membatasi penduduk agar tidak menjadi kota yang tak terperhatikan dikarenakan padatnya penduduk. Harapannya pemerintah dapat membangun atau membuka wadah pekerjaan bagi masyarakat diberbagai pelosok tidak hanya di ibu kota saja.
  5. Menjadi ibu kota yang memiliki struktur dan pembenahan rumah layak huni bagi masyarakat dengan adil dan tertata rapi. Harapannya ibu kota yang baru, memiliki jalan  untuk pejalan kaki yang adil tanpa adanya pedagang kaki lima yang mengambil alih tempat dan hak pejalan kaki.

Mungkin itu beberapa harapan saya yang mungkin juga adalah harapan kalian mengenai ibu kota baru yang akan dipindahkan ke kalimantan menurut berita yang sedang hangat dibicarakan. Tapi jika itu terjadi tidak masalah untuk saya khususnya karena mungkin pemerintah memiliki niat untuk memperbaiki Indonesia kedepannya. Harapan di atas tidak hanya untuk ibu kota baru, beberapa harapan mungkin menjadi harapan disetiap kota juga.

Sekian harapan saya untuk ibu kota baru. Semoga dapat didengar pemerintah dan menjadi niatan baik bagi saya. Dan semoga bermanfaat khususnya bagi saya dan bagi yang berkunjung untuk membaca 🤗

Wassalamu'alaikum wr.wb